friendship

Alphabets of our friendships:

[A]ccepts you as you are
[B]elieves in “you”
[C]alls you just to say “HI”
[D]oesn’t give up on you
[E]nvisions the whole of you
[F]orgives your mistakes
[G]ives unconditionally
[H]elps you
[I]nvites you over
[J]ust “be” with you
[K]eeps you close at heart
[L]oves you for who you are
[M]akes a difference in your life
[N]ever Judges
[O]ffers support
[P]icks you up
[Q]uiets your fears
[R]aises your spirits
[S]ays nice things about you
[T]ells you the truth when you need
hear
it
[U]nderstands you
[V]alues you
[W]alk beside you
[X]-plain things you don’t understand
[Y]ells when you won’t listen and….
[Z]aps you back to reality…

Leave a comment »

selagi masih dapat….

Selagi masi dapat……
Oleh: bulanku ndutsekali
Selagi masi dapat berjalan
Entah bisa jauh atau hanya selangkah
Lakukan saja dan teruslah menatap ke depan
Arahkan hati dan tekad bulat pada mimpimu
Sampai asa itu berubah jadi kenyataan dalam tanganmu
Asa yang telah kau genggam erat dan tak mungkin kau lepas lagi
Selagi masi dapat tersenyum
Entah senyum simpul atau sumringah
Melukiskan segala isi hatimu
Buatlah seindah mungkin untuk orang lain
Ikuti saja irama kehidupan ini
Lakukan yang terbaik dan terindah
Ayunkan langkahmu seiring senyummu
Nanti kan kau petik buah manis masa depanmu
Dan selagi masi dapat berjuang
Enak tidaknya kehidupan, jalani saja
Selama masi ada semangat dan mimpi
Entah sekarang atau esok hari
Mimpi itu akan datang padamu
Bila nanti kau merasa lelah
Entah sedikit lelah atau sungguh teramat lelah
Ruangkanlah seluruh hatimu dalam hati-NYA

karna hanya DIAlah yang dapat memberikan kelegaan….

Yk, 9 Desember 2008

Leave a comment »

evaluasi sumber daya lahan dan air

ESL dan ESA
(Evaluasi Sumberdaya Lahan dan Evaluasi Sumberdaya Air)

Dr. Junun Sartohadi, M.Sc

Mengapa disatukan?
 karena terkait satu sama lain (tanah dan air).

sawah
ESL tegalan sumberdaya alam
permukiman
landform
Pendekatan yang digunakan dalam ESL landunit
terrain unit

Contoh :
Pegunungan breksi terkikis :
batu keras
tidak ada air
hujan tidak dapat masuk

Pegunungan batu gamping terkikis :
air hujan masuk karena batuan lapuk  ada air, tapi bawah tanah

Pegunungan batu pasir berlapis tuff terkikis
batuannya porus  ada mataair

Evaluasi sumberdaya :
 penilaian potensi mengenai sumberdaya lahan dan air untuk pertuntutan tertentu dengan tanpa menimbulkan kerusakan/ penurunan kualitas/ degradasi.

Tujuannya : agar pemanfaatannya lestari.

Prof. Suratman Worosuprojo, M.Sc

Geomorphology
Definition  science concerned with :
landform
their genesis
development through processes
environmental context
Pendekatan bentanglahan (landscape approach) penting untuk ESL dan ESA.

Geomorphological aspects
morphology  memudahkan mengenali suatu kenampakan melelui bentuknya
morphometric  membuktikan melalui pengukuran apa yang telah diketahui dari morfologinya
morphographic  deskripsi grafis suatu kenampakan
morphogenetic  asal-usul atau proses terbentuknya
morphochronology  urutan terbentuknya terhadap kenampakan lainnya
morphoarrangement  susunan keruangan terhadap kenampakan lainnya

morphometric berubah sesuai dengan peruntukannya.
morphometric + morphographic  morphology

Geomorphological agent
water
wave
wind
snow
uprising magma

Geomorphological processes
Exogeneous : weathering, erosion, massmovement, agradation, degradation, denudational.
Endogeneous : diatrophism, volcanism.

Landform classification
Fluvial; agen air
Marine; agenarus dan gelombang
Eolin; agenangin
Denudasionalproses penelanjangan permukaan bumi, proses yang terjadi pelapukan, erosi, gravitasi
Solusionalproses yang terjadi merupakan proses pelarutan karena batuan yang tidak resisten, misal : batu gamping.
Volcanic; agen: magma
Struktural; agen: tenaga endogen  susunan lapisan, lipatan, patahan
Glacial; agen: es
Antropogenik  ada campur tangan manusia

A watershed is the area of land where all of the water that is under it or drains off of it goes into the same place.

Watershed come in all shapes and sizes. They cross city, state, and national boundaries.

No matter where you are, you’re in a watershed!!!

Watershed zoning
Upper stream slope >40% recharge area, erosional, conservation
Middle stream slope 15-40% transported, limited cultivation
Lower stream slope <15% discharge area, depositional zone

Drs. Suyono, M.S

Hakekat DAS
Sebagai bentanglahan (landscape) mempunyai fungsi :’
ruang
produksi tergantung dari kemampuan lahannya
habitat
Sebagai system hidrologi mempunyai fungsi :
menangkap hujan
menyimpan air
menyalurkan air
Sebagai ekosistem, dalam DAS terjadi :
– rantai makanan dan aliran energi
– daur gas, materi, dan mineral (daur biogeokimia)

Leave a comment »

anak Bill Gates

Seorang ayah sangat menginginkan anaknya untuk menjadi suami dari anak perempuan Bill Gates. Akhirnya semua cara pun ia tempuh untuk memenuhi targetnya tersebut.

Ayah : Anakku, aku ingin kamu menikah dengan wanita pilihan Ayah
Anak : Maaf, Ayah! Aku hanya akan menikah dengan wanita pilihanku sendiri
Ayah : Tapi, Anakku, Wanita ini adalah anaknya Bill Gates
Anak : Ah, Serius, Yah? Kalo gitu, Ok, deh!

Hari berikutnya, Sang ayah mendekati Bill Gates

Ayah : Saya telah memilihkan calon suami untuk anakmu
Bill Gates : Tapi, anakku masih terlalu muda untuk menikah sekarang.
Ayah : Weits, tunggu dulu. Calon yang aku pilihkan ini
adalah vice president dari Bank Dunia
Bill Gates : Ah, Serius Lo?? Kalo gitu, Ok, deh!

Akhirnya Sang Ayah mendekati President Bank Dunia

Ayah : Saya memiliki seorang anak muda yang bisa dijadikan vice president untuk kamu
President : Oh, maaf, saya sudah memiliki banyak calon VP untuk itu
Ayah : Tapi kamu tidak tau, kan, Anak laki-laki ini adalah menantunya Bill Gates
President : Ah, Serius Lo??? Kalo gitu, Ok, deh!

Leave a comment »

tukang daging…

Tukang Daging dan Ibu-ibu Sakit Gigi
Suatu pagi lewatlah seorang penjual daging.
“Dageeeng! Dageeeeennngg! !!” teriaknya.

Seorang ibu rumah tangga yang sedang sakit gigi sewot banget mendengar teriakan si tukang daging.
Ibu: “Hei tukang daging! Lu kagak punya otak ya….!!!??? ”
Tukang daging : “Wah kebetulan gak punya, Bu. Hari ini daging semua…”

Leave a comment »

long week end…

hummmmmmm….

long week end nie…

enaknya ngapain ya???

maen yukk,,sekalian ngerayain selesainya laporan hiromet..wkwkwkwk  😀

kemana ya?????

tttttttttaaaaarrrrrrrraaaaaaaaa….

ke ketep hyuukkkkk….

oopz….klu kedung kayang aja dlu gmn?????

(hmmm…bole juga,….)

wokey………

oke qta kemon!!!!!!!

di hari minggu yang tidak bisa dikatakan cerah (knp?karna gerimis dari pagi) hikz..hikz…dah maez buwat pergi…

tapi,,,,tak ada yang bisa ngehalangin Qt (bulan ma sapinya,,eh shanty) 😀

dan akhirnya,, berawal dari jogja yg gerimis “lembut”,, <tw kan,gerimis lembeut2 yang bakalan awet seharian>  bulan dan sapinya,eh slah lagi,sahnty mksdnya…berangkat menuju kedung kayang..(walau sam2 nda tw jalannya,,tp te2p semangat!!!)  hehe…

oiya,,lupa…walau hujan,,te2p qt ndda pake mantel…

perjalanan masih biasa aja, seiring hujan yang lembut td..  (so sweet) :p

tp lama2 koq makin deres ya?…so, setibanya (ceilah,,bahasanya) di muntilan qt “ngiyup”,ujannya derez bgt bu….

dan… tingggg…1 hal yg diinget adalah…RUMAH LITA  hehe, kan bisa sekalian nanya jalan gt…

sms lita lah qt.. 😀

dan lita datang seperti malaikat….

-nyanyi-

karna kau tak lihat terkadang malaikat, tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan…  😀  (wes lah,,pales…)

di rumah lita..

  • ngobrol “ngalor-ngidul”
  • menunggu hujan reda (dan keknya nda mungkin)
  • makan 🙂
  • dan memutuskan untuk berangkat ke kedung kayang karna hari semakin beranjak siang…(cieeeeeee),,masih ujan tentunya..

di ketep

  • kalap…?????
  • melampiaskan kenarsisan (putu2 dunkz)
  • dolanan banyu…(ciprat2an) mpe basah semua (karna ujan jg c)

trus….

pulang dweh..sapi (baca: shanty) da acara lagi si…

dan pulang pun masih ujan…

ckckckck…

nasib kali ya…….. 😀

yawda… sekian dlu…

mungkin tar ada sambungannya …(lho,koq mungkin…)

mw ngerjain laporan dlu (cie..cie..tumben )

Leave a comment »

sunday….i’m in blue…

hikz..hikz….

bad day bgt…

rajanya bad day….

nda pernah badmoodQu mpe segitunya

yang ada cm sesek di dada

sakitttttttt

pengen nangis….

njerit…lari….

HAN,,,KOQ GINI SI?????

Leave a comment »